Dalam ekonomi terdapat permintaan ( demand ) dan penawaran ( supply ) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas ( jumlah barang ). setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, dan kuantitas saling mempengaruhi satu sama lain.
Permintaan adalah sejumlah barang yang di beli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli. sedangkan penjualan adalah penawaran. ketika terjadi transaksi antar pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.
Jika semua asumsi di abaikan ( ceteris paribus ): jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. jika harga semakin rendah /murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.
Fakto yang mempengaruhi tingkat permintaan (Demand ) :
- perilaku konsumen : saat ini hp blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
- ketersedian dan harga barang sejenis pengganti dan perlengkap : jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
- pendapatan/penghasilan konsumen : orang yang mempunyai gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tapi jika pendapatan rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
- perkiraan harga barang di masa depan : barang yang diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
- banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen : ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker akan sangat laris. pada bulan puasa (ramadhan ) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
Fakto yang mempengaruhi tingkat penawaran ( Suply ) :
- biaya produksi dan teknologi yang digunakan : jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk maka sedikit dengan harga jual mahal karena takut tidak mampu bersaing.
- tujuan perusahaan : perusaha yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya ( profit oriented ) akan menjual produknya dengan keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi.
- pajak : pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusaha menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
- ketersediaan dan harga pengganti/pelengkap : jika ada produk yang sejenis di pasar dan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga permintaan, akhirnya akan penawaran pun di kurangin.
- prediksi/perkiraan harha di masa depan : ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusaha akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar