Jumat, 05 November 2010

UNSUR-UNSUR KALIMAT

1. Sebutkan dan Jelaskan unsur-unsur kalimat !
A. Subjek
unsur pokok yang terdapat pada sebuah kalimat di samping unsur predikat. Dengan mengetahui ciri-ciri subjek secara terprinci, Kalimat yang di hasilkandapat terprihara strukturnya.

B. PREDIKAT
Predikat juga merupakan unsur utama suatu kalimat di samping subjek.

C. OBJEK
Unsur kalimat ini bersifat wajib dalam susunan kalimat aktif transitif yaitu kalimat yang sediknya mempunyai tiga unsur utama, subjek, predika, dan objek. predikat yang berupa verba intransitif (kebanyakan berawal ber- atau ter-) tidak memerlukan objek, sedangkat verba transitif yang memerlukan objek kebanyakan berawalan me-.

D. PELENGKAP
Pelengkap dan objek memiliki kesamaan. Perbedaannya terletak pada kalimat pasif. Pelangkap tidak menjadi subjek dalam kalimat pasif. Jika terdapat objek dan pelangkap dalam kalimat aktif, objeklah yang menjadi subjek kalimat pasif, bukan pelangkap.

E. KETERANGAN
Keterangan merupakan unsur kalimat yang memberikan informasi lebih lanjut tentang sesuatu yang dinyatakan dalam kalimat. Misalnya, memberikan informasi pada tempat, waktu, cara, sebab, dan tujuan. Keterangan ini dapat berupa kata, frasa, dan anak kalimat.

2. Jelaskan Pola Kalimat dasar Bahasa Indonesia !
A. KALIMAT DASAR BERPOLA S P
Kalimat dasar tipe ini mempunyai unsur subjek, predikat. Predikat kalimat untuk tipe ini dapat berupa kata kerja, kata benda, kata sifat, dan kata bilangan.
Contoh : Adik sedangbermain

B. KALIMAT DASAR BERPOLA S P O
Kalimat dasar tipe ini mempunyai unsur subjek, predikat, dan objek. Subjek berupa nomina, atau frasa nominal, predikat berupa verba transitif, dan objek berupa nomina atau frasa nominal.
Contoh : Mereka sedang menyusun karangan ilmiah.

C. KALIMAT DASAR BERPOLA S P Pel.
Kalimat dasar tipe ini mempunyai unsur subjek, predikat, dan pelengkap. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, kata sifat dan pelengkap berupa nomina atau adjektiva.
Contoh: Saya beternak ayam

D. KALIMAT DASAR BERPOLA S P O Pel.
Kalimat dasar tipe ini mempunyai unsur subjek, predikat, objek, dan pelengkap. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, Predikat berupa verba dwitransitif, Objek berupa nomina atau frasa nominal, dan Pelengkap berupa nomina atau frasa nominal.
Contoh: Dia mengirimi saya surat

E. KALIMAT DASAR BERPOLA S P K
Kalimat dasar tipe ini mempunyai unsur subjek, predikat, dan harus memiliki unsur keterangan karena diperlukan oleh predikat. Subjek berupa nomina atau frasa nominal, predikat berupa verba intransitif, dan keterangan berupa frasa berpreposisi.
Contoh: Saya berasal dari Jakarta.

F. KALIMAT DASAR BERPOLA S P O K
Kalimat dasar tipe ini mempunyai unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan. Subjek berupa nomina atau frasa nomina, Predikat berupa verba dwitransitif, Objek berupa nomina atau frasa nominal, dan Keterangan berupa frasa berpreposisi.
Contoh: Saya memasukkan pakaian ke dalam lemari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar