Minggu, 04 Maret 2012

Review Postingan di Blog

Pada zaman yang sudah modern ini banyak sekali masyarakat yang telah menggunakan media elektronik untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Selain itu, sekarang ini juga banyak sekali yang telah memanfaatkan teknologi untuk urusan mereka. Dan kebetulan saya adalah salah satu diantara mereka yang memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari saya. Seperti kebanyakan orang, saya juga menggunakan internet untuk mengerjakan berbagai tugas kuliah. Di sini saya akan mencoba untuk mengoreksi tugas saya yang telah saya buat di sebuah blog pribadi saya yang kurang lebih 3 tahun saya buat.

Saya mempunyai blog khusus untuk tugas-tugas saya. Blog nya saya beri nama “magekecill.blogspot.com”. blog saya berisi tentang tugas-tugas dari awal saya kuliah sampai dengan saat ini. Dan kebanyakan artikel yang saya buat berasal dari searching di internet, tetapi ada juga tugas kelompok yang dibuat tanpa harus mencari bahannya di internet. Menurut saya, blog saya ini masih kurang bagus, masih banyak kekurangannya.baik dari segi desain, maupun dari isinya. Setiap artikel yang saya upload, masih belum ada yang melampirkan gambar. Itulah kelemahan atau kekurangan blog saya. Selain itu, saya juga masih suka mencari bahan dari blog-blog orang lain. Tapi Alhamdulillah dalam blog saya ini, saya tidak melamggar aturan atau etika dalam penulisan artikel seperti tidak memasukkan unsur SARA, menggunakan EYD (meskipun masih ada yang kurang), tidak menjelek-jelekan sekelompok orang.


Untuk aturan menuliskan artike di blog ad 10 yaitu :
1. Perhatikan tanda baca, terutama untuk penggunaan titik dan koma yang benar. Kedua tanda baca ini untuk mengatur aliran pemikiran Anda agar dapat dipahami oleh pembaca. Namun jika seseorang tidak dapat menempatkan tanda baca secara tepat, maka dapat membuat teks sangat membingungkan.

2. Berlatih menulis setiap hari, meskipun ada bagian kalimat yang salah dan sulit dimengerti oleh orang lain. Latihan tiap hari akan meningkatkan kemampuan kita dalam menulis. Lakukan minimal 30 menit setiap hari. Tulislah setiap ide yang muncul dalam kalimat dengan gaya tata bahasa baku.

3. Cobalah untuk tidak mengedit saat Anda sedang membuat konsep awal. Membuat dan mengedit adalah proses yang menggunakan dua pemikiran, dan jika kita mencoba melakukan keduanya sekaligus, mungkin kita akan kehilangan ide/konsep teks. Lebih baik bikin konsep dulu, setelah selesai barulah diadakan sedikit pembenahan(editing) jika ada bagian kalimat yang salah atau pilihan kata yang tidak jelas.

4. Mempelajari aturan-aturan dalam penulisan yang baik

5. Menjadi pembaca yang baik

6. Belajar untuk menerima kritikan. Blog adalah media online untuk memposting hasil tulisan kita yang dapat menerima umpan balik dari pembaca. Jadi jangan kecewa terhadap kritik tajam yang diberikan dipostingkan oleh pembaca, jangan tersinggung meskipun Anda berpikir itu menyakitkan, dan berterima kasih pada orang-orang yang selalu meluangkan waktu untuk mengkritik.

7. Menghindari perluasan konsep. Kalimat seharusnya tidak berisi kata-kata yang tidak perlu. Namun bagi blogger ini tidak berlaku, karena artikel blog yang baik menurut saya adalah menggunakan bahasa sehari-hari, meskipun ada kata-kata yang tidak perlu tetapi selama masih berhubungan dengan konsep sepertinya gak ada masalah.

8 Coba gunakan kata-kata baru untuk menghindari pengulangan kata. Dengan cara ini kita dapat mempelajari penggunaan kata-kata yang berbeda.

9. Membaca karya penulis besar untuk inspirasi.
Jika Anda membacanya, ini akan sangat baik untuk meningkatkan gaya menulis yang baik. Jika ingin menjadi penulis yang baik maka Anda perlu membaca dengan baik pula.

10. Jangan malu mengadopsi kebiasaan yang baik dari penulis lain.

Mungkin setelah saya mengoreksi blog ini, saya akan berusaha untuk memperbaiki tampilan blog saya. Khususnya saya akan memperbaiki isi dari blog ini dengan membuat artikel-artikel yang lebih menarik lagi.

Sumber etika yang berlakunya :

http://gambarhidup.blogspot.com/2009/05/10-tips-menulis-blog-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar